Cara setting TP Link 5110 Untuk Nembak Hotspot

Banyak cara untuk menikmati hotspot gratisan. Anda bisa datang langsung ke hotspot tersebut, atau jika rumah anda dekat anda bisa menembaknya dari ruamh anda. Anda dapat menggunakan usb wifi maupun access point. Pada tulisan ini saya mengunakan access point TP Link 5110.

gambar30

tp link 5110

Saya menggunakan TP link yang sudah saya up grade firm warenya. Untuk yang belum di upgrade maka IP defaultnya adalah 192.168.1.1, sedangkan yang sudah di uprade 192.168.1.254.

Untuk memeudahkan kita belajar bersama, marilah kita mulai dari awal. Sebaiknya access point dalam keadaan default, atau di reset dahulu. Setelah access point menyala, kemudian kita setting IP pada komputer kita.

start->control panel -> network and internet connection ->networkconnection

14

isi IP address dengan 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.0 yang lain dikosongkan, kemudian klik ok dan tunggu sebentar.

Setelah itu kita login ke access point, bukalah browser dan ketikkan 192.168.1.254 kemudian ok, untuk tp link 5110 yang belum di upgrade maka ketikkan 192.168.1.1 kemudian ok.

4

user name diisi: admin, password diisi: admin. Setelah itu anda akan masuk pada menu tp link 5110.

Pertama kali yang harus di setting adalah DHCP setting.

16

untuk mudahnya silakan disamakan dengan gambar diatas, kemudian klik save. Setelah save kemudian reboot access point. Cara reboot : klik system tool, kemudian pilih reboot. Ingat, jangan lupa mereboot accesspoint.

10

setelah itu setting IP address pada komputer anda dengan auto matic. Caranya start->control panel -> network and internet connection ->networkconnection, pada local area connection klik kanan properties, pilih internet protocol, kemudian pilih obtain an IP address automatically, kemudian ok, dan tunggu sebentar.

8

jika berhasil, anda akan mendapat ip address by dhcp,

11

jika anda tidak mendapat ip by dhcp hal tersebut karena anda setelah mensetting dhcp tidak mereboot access point.

Setelah itu masuk lagi pada access point anda dan silakan mencari wireles yang akan di tembak melalui site survey, caranya klik wireless, kemudian wireless mode, kemudian klik survey.

12

setelah memperoleh hotspot yang akan di tembak, kemudian klik connect dan save. Setelah itu klik quick setup, kemudian choose operation mode kita pilih ap  client router, kemudian ada pilihan dinamic ip dan static ip, jika anda sudah mengetahui IP dari hotspot maka pilih static IP dan masukkan IP, biasanya kita tahu IP hotspot karena sudah pernah hotspotan di tempat tesebut, jika belum tahu maka kita pilih dynamic IP, kemudian next, next dan finish dan access point akan reboot.

17

18

Jika anda tadi memilih dynamic maka access point akan menunggu mendapatkan IP dari hotspot,

191

Jika access point sudah mendapat ip address maka anda sudah bisa internetan.

Semoga bermanfaat, mohon maaf apa bila ada kekurangan.

26 thoughts on “Cara setting TP Link 5110 Untuk Nembak Hotspot”

  1. choose operation mode kita pilih ap client router, kemudian pilih dinamic ip karena tidak tahu ip yg kita tembak..kita tidak bisa masuk2…cara apa agar bisa masuk ip tersebut

  2. cara setting nembak hotspot dengan AP WA5110G gimana sih detailnya?….pusing nih 1 minggu blm bisa bisa… padahal dah dapet signal 20-30 db dan security OFF…..
    di survey dan di save..dinamic, tp gak nyambung2/connect2

    help me………..
    aziz Kurniawan

    aziz.kurniawan@yahoo.co.id

  3. jika tidak konek, berarti anda tidak mendapat IPnya mas,
    bisa jadi karena access point yg kita tembak tidak di DHCP / menyebar IP
    jadi kita harus memasukkan IP sendiri
    untuk tahu IPnya, Anda bisa mencoba hotspotan di tempat tsb
    nanti dicatat IP yg didapat

    selamat mencoba lagi mas :)

  4. mas Arif;
    saya tertarik menggunakan tplink WA 5110 g,boleh ga saya menggunakan POE untuk menambah power ethernet saya..(20 meter),atau hanya adapter DCnya aja uda cukup?.
    oh ya,port LAN-nya ada berapa ya?

  5. mas mau tanya saya pakai 2 wa5110g. 1 buat nembak hotspot dan 1 lagi buat access point dalam rumah. setingan wa5110g 1 : operation mode (ap) wireless mode (client) , dhcp disable , ip pc (obtain an IP address automatically). dgn setingan ini udah bisa internet di pc.
    Nah wa5110g yang ke 2 saya pake buat access point, perangkat wifi tidak bisa konek ke internet. setingan wa5110g ke-2 sbb: operation mode (ap) wireless mode (access point), dhcp enable (default gateway, primary dns dan alternate dns tidak diisi karena tidak ngerti).

  6. untuk setting tp link yg ke 2 (AP)
    coba
    Start IP Address: 192.168.0.100
    End IP Address: 192.168.0.199
    Address Lease Time: 120 (standar)
    Default Gateway: 192.168.0.1
    Default Domain: kosong
    Primary DNS: 192.168.0.1
    Secondary DNS: kosong

    default gateway & DNS diisi 192.168.0.1 karena biasanya saat PC di share pakai AP, maka IP LAN otomatis menjadi 192.168.0.1

    silakan dicoba :)

  7. cek power supply
    kalau AP sudah nyala
    lalu masuk di browser
    untuk TP link yg lama, belum di upgrade firmwarenya 192.168.1.1
    untuk yg baru / sudah diupgrade firmwarenya 192.168.1.254
    username: admin
    pass : admin

    selamat mencoba

  8. apa perlu ganti AP, soalnya ini 2 tempat pake w5110 jg… 2-2nya ga bisa browser ke tp link nya gitu … mohon pencerahannya …. trims

  9. to zi coba setinng ap nya satu2 dulu klw yg satu udah konek dan bisa di browsing sama komputer yg lain baru coba di gandeng dg ap yg satunya..

    sy jg pernah mengalami hal tersebut tapi 1 ap dg 1 usb wifi dalam satu komputer
    ketahuan setelah dicoba pakai leptop pinjaman..:) bisa konek ke ap setelah ipnya di leptop itu sy rubah manual ..cobain dah

  10. Mau tanya mas,
    Saya punya Outdoor AP Alcon ASU 24005g yg mau saya connectkan dengan free hotspot 24 jam milik pemko batam berjarak 300 m dari rumah.
    Kalau pake laptop tinggal hidupkan wifi…langsung browsing deh.

    Saya coba connect berkali-kali tapi tetap belum berhasil. Bagaimana setting di Ap, sbg “Access Point” atau “Wireless Client” atau “Repeater” atau “Wireless Bridge”

    Terima kasih atas pencerahannya dan panduannya.

    Arief / Batam
    arnanda70@yahoo.com

  11. mas aku pake tp link wa5110g udah konek ke internet.pengenya aku lan pake switch hub tapi indikator switch nya kok gk nyala {gk konek} kenapa ya?
    makasih sebelumnya

  12. mas aq pake TP-LINK 5110G dah konek dan dpt IP, MAC Adrees ke hotspot,tp kok msh g bs konek ke internet y pdhl dh dpt sinyal 20-30dB. tlg pencerahannya

  13. hallo ms arif nova saya tertarik sekali dengan blog anda. terutama tentang seting TP Link 5110.tapi kog selama ini saya belum berhasil..yang ingin saya tanyakan….???di settingan Wireless Mode Settings pilih SSID atau mac of AP? trima kasih

  14. jack: hallo ms arif nova saya tertarik sekali dengan blog uns anda. terutama tentang seting TP Link 5110.tapi kog selama ini saya belum berhasil..yang ingin saya tanyakan….???di settingan Wireless Mode Settings pilih SSID atau mac OF AP? trima kasih

  15. numpang sharing semuanya….aku baru aja pasang TP LINK 5110 aku naikin 20 meter buat nembak hotspot, udah bisa tapi karena FB di Blokir ama Admin server aku pengen nembak ke hotspot lain…tapi saat masuk 192.168.1.1 username ama password selalu muncul berulang…ada ga cara reset masuk tanpa reset manual….soalnya kalo manual kan mesti nurunin TP LINK…kan capek juga….makasih buat solusinya

  16. saya udh coba ikuti semua langkah di atas om..tp k ng konek2 jg ya indikator icon di pc saya yg gambar pc depmet itu yg nedip2 lampu depanny aj komp yg belakangny ng hidup.tp kl di liat status udh konec.tp buka web selalu server not fount..please say yg pemancar pake wr841nd dan clien pk wa5110.dan di pemancar saya kasi paswort wep om..

  17. salam kenal,
    mas saya mau nanya, acces point itu bisa nembak seberapa jauh??
    untuk menambah jarak tembak yang dibutuhin apa?

    thx…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>